8 HAL YANG DI TAKUTI NABI SAW

 

عن ابي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : دخل رسول الله صلي الله عليه وسلم ذات يوم المسجد, فاذا برجل من الانصار يقال له ابو أمامة جالسا فيه. فقال يا أبا مامة, مالي أراك جالسا في غير وقت صلاة ؟  قال : هموم لزمتني وديون يا رسول الله !  فقال الا أعلمك كلاما اذا قلته اذهب الله عز وجل همك وقضي دينك ؟   فقال : بلي يا رسول الله.  قال : قل اذا اصبحت واذا امسيت : اللهم اني اعوذ بك من الهم والحزن واعوذ بك من العجز والكسل واعوذ بك من الجبن والبخل واعوذ بك من غلبة الدين وقهر الرجال.  قال : فقلت ذلك, فاذهب الله همي وقضي عني ديني

رواه ابو داود

 

“Dari abu sa’id al-Khudry, ia berkata ; pada suatu hari ketikaRasulullah saw masuk masjid, beliau mendapati Abu Umamah seseorang yang berasal dari kalangan Anshar duduk didalam masjid. Beliau lalu bertanya,”wahai Abu Umamah, aku tidak pernah melihat engkau duduk dimasjid diluar waktu shalat ?”  (ada apa gerangan). Abu Umamah menjawab, Ya Rasulallah, aku sedang dirundung kesulitan dan banyak hutang!” Kemudian Rasulullah bertanya pada Abu Umamah, “ maukah engkau aku ajarkan perkataan (doa) yang jika engkau ucapkan pagi dan petang, niscaya Allah Azza wa Jalla menghilangkan kesulitan dan hutang engkau ? Abu Umamah menjawab, “tentu aku mau ya Rasulullah.”   Rasul bersabda : “ucapkanlah, ya Allah aku mohon perlindengan-Mu dari kesulitan dan kesedihan, aku mohon perlindungan-Mu dari ketidakberdayaan dan sifat malas, aku mohon perlindungan-Mu dari sifat penakut dan kikir dan aku mohon perlindungan kepadamu dari terlilit hutang dan tindasan penguasa.”  Abu Umamah berkata, “aku baca do’a itu, kemudian Allah hilangkan kesulitanku  dan aku dapat membayar hutangku.”                HR.  Abu Dawud 

 

 

Fahm al-Hadits

  1. Rasulullah saw sangat mengerti kondisi psikologi ummatnya. Dari itu ketika beliau tahu ada salah seorang sahabatnya yang berdiam di masjid diluar waktu shalat, beliau mengerti bahwa sahabatnya itu sedang ‘bermasalah’.
  2. Rasulullah saw tidak hanya mengerti masalah ummatnya, beliau juga memberi solusi atas persoalan ummatnya. Memahami dan memberi solusi  adalah dua hal yang seharusnya diikuti oleh ummat Islam terutama oleh mereka yang berdakwah untuk Islam.
  3. Rasulullah saw meminta perlindungan dari 8 hal. Ini menunjukkan bahwa ke 8 hal itu merupakan hal yang harus dijauhi dan dihilangkan. Ke 8 hal itu adalah:
    1. Kesulitan hidup dalam berbagai bentuknya.
    2. Kesedihan.
    3. Tidak berdaya
    4. Malas.
    5. Penakut.
    6. Kikir.
    7. Terlilit hutang
    8. Penindasan penguasa
  1. Rasulullah tentu tidak mengajarkan bahwa doa dengan saja lantas segala permasalahan hidup akan hilang. Bagaimanapun doa tetap harus diiringi ikhtiar maksimal.

إذ أوى الفتية إلى الكهف فقالوا ربنا آتنا من لدنك رحمة وهيئ لنا من أمرنا رشدا       الكهف (18):10

(Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.    (Q.S. Al-Khf (18): 10)

 

 

قال رب اشرح لي صدري. ويسر لي أمري. واحلل عقدة من لساني. يفقهوا قولي.               طه (20) :25-28

Berkata Musa: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”   (Q.S. Thahaa (20) : 25-28)