BELAJAR DARI SEMUT

حتى إذا أتوا على وادي النمل قالت نملة يا أيها النمل ادخلوا مساكنكم لا يحطمنكم سليمان وجنوده وهم لا يشعرون            النمل (27): 18

“Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.”

1. Dalam al-Qur’an terdapat tujuh nama surat yang diambil dari nama binatang.

1. Al-Baqoroh (2)

2. Al-An’am  (6)

3. Al-Nahl    (16)

4. Al-Naml   (27)

5. Al-Ankabut  (29)

6. Al-‘Adiyat   (100)

7. Al-Fil   (105)

2. Dari 7 binatang itu yang paling besar adalah gajah dan yang terkecil semut.

3. Sebagai mu’jizat Nabi Muhammad saw yang terbesar, apapun yang terdapat dalam al-Qur’an pasti mengandung rahasia dan hikmah. Termasuk penamaan surat mengunakan nama hewan.

4. Hal-hal yang membuat semut menjadi istimewa

a. Semut menjunjung ukhuwwah. Bila bertemu dengan komunitasnya selalu bersalaman.

b.  Semut selalu hidup bergotong royong.

c. Semut tidak serakah. Bila mendapat makanan tidak langsung dumakan melainkan memberitahukan teman-temannya terlebih dahulu untuk kemudian mereka bawa bersama. Semut tidak pelit informasi.

d.  Semut selalu menghimpun makanan untuk esok. Semut adalah penabung yang baik. Semut memikirkan masa depannya.

يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله ولتنظر نفس ما قدمت لغد واتقوا الله إن الله خبير بما تعملون               الحشر (59):18

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

e. Semut tertib dan disiplin.

f. Semut insinyur yang handal. Ia mampu merancang bangun rumahnya sedemikian rupa. Ada ruang pekerja, tentara, ratu, penyimpanan dan penetasan telur, gudang makanan dan ain-lain.

فتبسم ضاحكا من قولها وقال رب أوزعني أن أشكر نعمتك التي أنعمت علي وعلى والدي وأن أعمل صالحا ترضاه وأدخلني برحمتك في عبادك الصالحين                                             النمل (27): 18

maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh”.