HUKUM ROKOK  (حكم التدخين, شارب الدخان)

وَلاَ تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ.   البقرة:  195

         
Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik
.

(Al-Baqarah:195)

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ 

 رواه ابن ماجه, الرقم: 2331

Dari Ibnu ‘Abbas ra, ia berkata ; Rasulullah SAW. bersabda: Tidak boleh berbuat kemudaratan (pada diri sendiri), dan tidak boleh berbuat kemudaratan (pada diri orang lain).      (HR. Ibnu Majah, No.2331)

لم يرد ف التنباك حديث ولا أثر أحد من السلف.  والذي يظهر أنه ان عرض له ما يحرمه بالنسبة لمن يضره في عقله او بدنه فحرام. كما يحرم العسل علي المحرور والطين لمن يضره.  وقد يعرض ما يبيجه بل يصيره مسنونا كما اذا استعمل للتداوي بقول ثقة او تجربة نفسه بأنه دواء للعلة التي شرب لها كالتداوي بالنجاسة غير صرف الخمر. وحيث خلا عن تلك العوارض فهو مكروه اذ الحرمة يفيد الكراهة                 بغية المسترشدين   ص  260

Tidak ada hadits mengenai tembakau dan tidak ada atsar (ucapan dan tindakan) dari seorang pun di antara para shahabat Nabi SAW. … Jelasnya, jika terdapat unsur-unsur yang membawa mudarat bagi seseorang pada akal atau badannya, maka hukumnya adalah haram sebagaimana madu itu haram bagi orang yang sedang sakit demam, dan lumpur itu haram bila membawa mudarat bagi seseorang. Namun kadangkala terdapat unsur-unsur yang mubah tetapi berubah menjadi sunnah sebagaimana bila sesuatu yang mubah itu dimaksudkan untuk pengobatan berdasarkan keterangan terpercaya atau pengalaman dirinya bahwa sesuatu itu dapat menjadi obat untuk penyakit yang diderita sebagaimana berobat dengan benda najis selain khamr. Sekiranya terbebas dari unsur-unsur haram dan mubah, maka hukumnya makruh karena bila terdapat unsur-unsur yang bertolak belakang dengan unsur-unsur haram itu dapat difahami makruh hukumnya.

 

 

ان التبغ فحكم بعضهم بحله نظرا انه ليس مسكرا وليس من شأنه ان يسكر. ونظرا الي أنه ليس ضارا لكل من يتناوله والاصل في مثله ان يكون حلالا, ولكن تطرأ فيه الحرمة بالنسبة لمن يضره ويتأثر به وحكم بعض اخر بحرمته او كراهته نظرا  من أنه يحدث ضعفا في صحة شاربه يفقده  شهوة الطعام ويعرض أجهزة الحيوية او أكثرها للخلل والاضطراب                          الفتاوي: 383-384

               

Tentang tembakau … sebagian ulama menghukumi halal karena memandang bahwasanya tembakau tidaklah memabukkan, dan hakikatnya bukanlah benda yang memabukkan, disamping itu juga tidak membawa mudarat bagi setiap orang yang mengkonsumsi. …Pada dasarnya semisal tembakau adalah halal, tetapi bisa jadi haram bagi orang yang memungkinkan terkena mudarat dan dampak negatifnya. Sedangkan sebagian ulama’ lainnya menghukumi haram atau makruh karena memandang tembakau dapat mengurangi kesehatan, nafsu makan, dan menyebabkan organ-organ penting terjadi infeksi serta kurang stabil.

 

القهوة والدخان : سئل صاحب العباب الشافعي عن القهوة فاجاب للوسائل حكم المقاصد فان قصد للاعانة علي قربة كانت قربة  او مباح فمباحة  او مكروه فمكروهة  او حرام فمحرمة.  وأيده بعض الحنابلة علي هذا التفصيل  وقال الشيخ مرعي بن يوسف الحنبلي صاحب غاية المنتهي ويجته حل شرب الدخان والقهوة. والأولي تركها لكل ذي مروءة

 ( الفقه الاسلامي وأدلته   ج  6  ص 166-167)

Masalah kopi dan rokok; penyusun kitab Al-‘Ubab dari madzhab Asy-Syafi’i ditanya mengenai kopi, lalu ia menjawab: (Kopi itu sarana) hukum, setiap sarana itu sesuai dengan tujuannnya. Jika sarana itu dimaksudkan untuk ibadah maka menjadi ibadah, untuk yang mubah maka menjadi mubah, untuk yang makruh maka menjadi makruh, atau haram maka menjadi haram. Hal ini dikuatkan oleh sebagian ulama’ dari madzhab Hanbaliy terkait penetapan tingkatan hukum ini. Syaikh Mar’i ibn Yusuf dari madzhab Hanbaliy, penyusun kitab Ghayah al-Muntaha mengatakan : Jawaban tersebut mengarah pada rokok dan kopi itu hukumnya mubah, tetapi bagi orang yang santun lebih utama meninggalkan keduanya.

أما التدخين فى حد ذاته فيتلخص حكمه فى أنه حرام إن حصل منه ضرر كبير على الصحة والمال ، وإلا كان مكروها ، والأولى صرف ثمنه فى مصارف الخير ، ” انطر رسالتى الخاصة بذلك -مطبوعة ملحقة بمجلة الأزهر ” . ولما كان التدخين يؤذى غير المدخن برائحته ، والملائكة تتأذى مما يتأذى به الإنسان كان التدخين فى المسجد بالذات مكروها بل أشد كراهة، كالثوم والبصل اللذين جاء النهى عن دخول من يأكلهما المسجد حتى لو حرم من ثواب صلاة الجماعة، فالإسلام لا ضرر فيه ولا ضرار، والمسجد ينبغى أن يصان عن كل خبيث ، كما ينبغى أن نحرص على حضور الملائكة ، وهم ملائكة الرحمة ففى ذلك خير كثير                             فتاوي الأزهار  ج 8  ص 481

ورد في الحديث الصحيح النهي عن قرب المسجد لمن أكل بصلا أو ثوما أو كراثا . فهل يلحق بذلك ما له رائحة كريهة وهو محرم كالدخان ؟

وهل معنى ذلك أن من تناول هذه الأشياء معذور بالتخلف عن الجماعة بحيث لا يأثم بتخلفه ؟

الجواب : ثبت عن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – أنه قال : « من أكل ثوما أو بصلا فلا يقربن مسجدنا وليصل في بيته » وثبت عنه – صلى الله عليه وسلم – أنه قال : « إن الملائكة تتأذى مما يتأذى منه بنو الإنسان » وكل ما له رائحة كريهة حكمه حكم : الثوم والبصل كشارب الدخان ومن له رائحة في إبطه أو غيرهما مما يؤذي جليسه . فإنه يكره له أن يصلي مع الجماعة . وينهى عن ذلك حتى يستعمل ما يزيل هذه الرائحة . ويجب عليه أن يفعل ذلك مع الاستطاعة حتى يؤدي ما أوجب الله عليه من الصلاة في الجماعة .

أما التدخين فهو محرم مطلقا ويجب عليه تركه في جميع الأوقات لما فيه من المضار الكثيرة في الدين والبدن والمال . أصلح الله حال المسلمين ووفقهم لكل خير .   

( تحفة الاخوان  ج 1  ص 122)

 

Wallahu A’lam

HUKUM ISBAL

HUKUM ROKOK

 

 

 

 

MATERI BAHSTUL MASA’IL

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGAJIAN BULANAN NU, 15 SHOFAR  1430 H/11 PEBRUARI 2009 M

 

MASJID NURUL IMAN, KP. JAGAITA, DESA JONGGOL 

KEC. JONGGOL

 

MAJLIS WAKIL CABANG (MWC)                     NAHDLATUL ULAMA  KEC. JONGGOL   KAB. BOGOR

Sekretariat : Pondok Pesantren Al-Fathmahiyyah, Kp Menan Desa Sukamaju Kec Jonggol.  Telp. (021) 89931915, (021) 89930032,  0817 6693930