PERTANYAAN MALAIKAT DI DALAM KUBUR

 

حَدَّثَنَا عَيَّاشُ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى حَدَّثَنَا سَعِيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ حَدَّثَهُمْ أَنَّ

رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا وُضِعَ فِي قَبْرِهِ وَتَوَلَّى عَنْهُ أَصْحَابُهُ وَإِنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ فَيُقْعِدَانِهِ فَيَقُولَانِ مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ لِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَمَّا الْمُؤْمِنُ فَيَقُولُ أَشْهَدُ أَنَّهُ عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ فَيُقَالُ لَهُ انْظُرْ إِلَى مَقْعَدِكَ مِنْ النَّارِ قَدْ أَبْدَلَكَ اللَّهُ بِهِ مَقْعَدًا مِنْ الْجَنَّةِ فَيَرَاهُمَا جَمِيعًا قَالَ قَتَادَةُ وَذُكِرَ لَنَا أَنَّهُ يُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ ثُمَّ رَجَعَ إِلَى حَدِيثِ أَنَسٍ قَالَ وَأَمَّا الْمُنَافِقُ وَالْكَافِرُ فَيُقَالُ لَهُ مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ فَيَقُولُ لَا أَدْرِي كُنْتُ أَقُولُ مَا يَقُولُ النَّاسُ فَيُقَالُ لَا دَرَيْتَ وَلَا تَلَيْتَ وَيُضْرَبُ بِمَطَارِقَ مِنْ حَدِيدٍ ضَرْبَةً فَيَصِيحُ صَيْحَةً يَسْمَعُهَا مَنْ يَلِيهِ غَيْرَ الثَّقَلَيْنِ

البخاري, كتاب الجنائز, رقم :1285 ,  مسلم, الجنة وصفة نعيمها, رقم 5115

“Dari Qotadah, dari Anas bin Malik ra, sesungguhnya Rasulullah saw bersabda ; sesunggunhnya apabila seseorang telah diletakkan dikuburnya, lalu para sahabatnya (yang mengiringinya beranjak pergi) dan sesungguhnya (ketika itu) ia masih mendengar suara ketukan sandal mereka, ia didatangi oleh dua malaikat. Kedua malaikat itu lalu mendudukkannya. Kemudian keduanya bertanya ;”apa pendapatmu tentang orang yang bernama Muhammad saw ini?” Adapun (jika mayit) termasuk orang yang beriman, ia akanmmenjawab bahwa Muhammad adalah hamba

Allah dan utusan Allah. (Jika itu jawabannya), maka dikatakan padanya ; lihat tempatmu di neraka telah diganti dengan tempat di surga. Lalu ia melihat keduanya (tempatnya yang di neraka dan disurga).”  Berkata Qotadah ; “diceritakan pada kami selanjutnya kubur mayit di jadikan  luas.  Lanjut pada hadits Anas, Rasul bersabda; adapun orang kafir atau munafik ketika ditanya tentag siapa Muhammad mereka menjawab”aku  tidak tahu dan berkata seperti yang diucapkan manusia (tentang Muhammad). Maka dikatakan kepada mereka ; kamu tidak tahu dan tidak membaca ? lalu ia dipukul dengan pukulan yang terbuat dari besi sehingga menjerit dengan sangat keras sehingga jeritannya terdengan oleh makhluk yang ada disekitarnya, kecuali jin dan manusia.

HR. Bukhori dan Muslim

 

Fahmul Hadits

  1. Alam barzakh (kubur) benar-benar ada.
  2. Manusia  didalam kubur mendapat nikmat  dan mendapat siksa
  3. Dengan  tanpa mengesampingkan kehidupan dunia, setiap orang beriman hendaknya mempesiapkan kehidupannya di alam kubur.

 

يا أيها الذين آمنوا لا تتولوا قوما غضب الله عليهم قد يئسوا من الآخرة كما يئس الكفار من أصحاب القبور              (الممتحنة (60) : 13)                                                    

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu jadikan penolongmu kaum yang dimurkai Allah, sesungguhnya mereka telah putus asa terhadap negeri akhirat sebagaimana orang-orang kafir yang telah berada dalam kubur berputus asa.”  (Q.S. Al. Mumtahanah (60) : 13)  

 

ألهاكم التكاثر. حتى زرتم المقابر.  (التكاثر   (102) : 1-2)

Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. (Q.S. Al-Takatsur (102) : 1-2)