Teks Pidato Ari

 

Puja dan puji serta syukur ke hadirat Allah Swt yang telah memberi kepada kita aneka anugrah yang tidak terhingga.

Shalawat dan salam semoga selalu dilimpahkan Allah Swt pada baginda alam, Rosulullah saw. Semoga kita semua selalu dapat mengamalkan ajarannya dan mengikuti jejak langkahnya. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Hari ini kita semua berkumpul dalam rangka mengenang dan memperingati hari kelahiran Nabi besar yang sangat kita cintai yaitu Muhammad saw. Sungguh beruntung kita semua menjadi ummatnya.

Hadirin/hadirat yang berbahagia.

Sebelum saya lanjutkan apa yang akan saya sampaikan,boleh kalau saya bertanya terlebih dahulu ?   kapan baginda Rasul saw di lahirkan ?  di mana ?  berapa tahun yang  yang lalu kah Baginda Rasul saw dilahirkan ?  saya  tanyakan ini karena hari ini kita kan sedang memperingati hari kelahiranya. Katakanlah kita sedang memperingati hari ulang tahunnya. Ulang tahun yang ke berapa ?  hayo siapa yang tahu ?  masa  ulang tahun yang ke berapa saja tidak tahu…  katanya kita semua ummatnya. 

Baiklah saya akan beritahu berapa tahun yang lalu kah rasulullah saw di lahirkan.  Tapi nanti kita akan hitung sama sama.  Jika berdasarkan perhitungan kelender Masehi, Rasulullah saw dilahirkan pada tahun 571 M. Dan sekarang kita sudah berada pada tahun 2008 H. Jadi jika Rasulullah  saw sekarang masih hidup beliau berusia 1437  tahun.  Itu berdasarkan kelender masehi.

Jika dihitung menggunakan kelender Hijriyah, sekarang tahun berapa hijriyah  ?  temen-temen ada yang tahu. Saya tidak akan bertanya pada bapak/ibu guru, saya yakin beliau mah pasti sudah pada tahu ! betul ? sekarang kita berada pada tahun 1429 H. Nah waktu Rasulullah saw hijrah dari mana kemana hayo ? pinter… dari Mekkah ke Madinah. Umur beliau waktu itu berapa?  Ada yang tahu ? Umur beliau waktu itu adalah 53 tahun…. jadi 1429 ditambah 53  sama dengan  …… hayo hitung…1482  tahun….

Ingat ya jangan lupa lagi tuh… masa merayakan ulang tahun tidak tahu ulang tahun yang ke berapa ?  apa lagi ini ulang tahun kelahiran Nabi Muhammad saw yang kita semua mengaku pengikutnya…..   ga lucu tuh….

 

Hadirin/hadirat yang berbahagia…

Sebetulnya hari kelahiran bagi manusia adalah hal yang biasa. Setiap manusia yang ada di muka bumi pasti pernah dilahirkan. Kecuali Nabi Adam as dan bunda Hawa. Betul ?  Karena itu ulang tahun pun adalah hal yang biasa. Bukan hal yang istimewa. Perayaannya pun hal yang biasa. Diantara kita pun banyak yang pernah melakukannya… temen-temen ada yang pernah merayakan ulang tahun ? siapa yang menyeleggarakannya?  Temen-temen sendirikan ? Bukan orang lain.

Yang menjadi tidak biasa adalah hari kelahiran Nabi Muhammad saw ini diselenggarakan oleh ummat Islam dihampir seluruh penjuru dunia  yang jumlahnya mencapai satu milyar lebih…. temen temen ada ga yang hari kelahirannnya diperingati oleh orang satu RT saja? Ada ga ?  boro-boro sedunia, satu RT saja tidak.. Nah itu menunjukkan bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang sangat Istimewa.  Lalu apa yang membuat beliau menjadi begitu istimewa ?  berikut saya akan sampaikan 2  hal saja  yang membuat beliau istimewa.

 

  1. Nabi Muhammad adalah Nabi terakhir yang diutus oleh Allah Swt untuk menyampaikan risalah kepada seluruh ummat manusia. Dari masyriq sampai maghrib, tidak memandang suku, ras, benua maupun bangsa. Tidak ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad saw. Firman Allah sawt :

 

ما كان محمد أبا أحد من رجالكم ولكن رسول الله وخاتم النبيين وكان الله بكل شيء عليما

“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”   (Q.S. Al-Ahzab (33) : 40)

 

Jadi, kalau ada orang mengaku-ngaku Nabi setelah Nabi Muhammad itu pasti Nabi palsu, Nabi jadi-jadian. Tahu jadi-jadian ? itu…memedi.

Anehnya walaupun sudah jelas bahwa tidak ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad saw, tetapi tetap saja ada orang yang mengaku sebagai Nabi. Dan yang lebih aneh lagi ada orang yang percaya padanya sampai mau jadi pengikutnya. Di Indonesia saja saya dengar ada beberapa orang yang mengaku jadi Nabi. Misalnya Ahmad Mushaddiq yang menyebarkan pengakuannya di daerah Bogor. Untungnya polisi kita hebat. Nabi jadi-jadian itu segera ditangkap. Belum lagi didaerah lain atau mungkin negara lain.

Teman-teman…percaya ga Nabi Muhammad saw  Nabi terakhir ? kalau bergitu jangan denger jika ada orang yang mnegaku-ngaku Nabi lagi ya….

 

  1. Nabi Muhammad adalah manusia biasa sebagai mana halnya kita semua.Bukan malaikat  Beliau  makan, minum, tidur, mencari nafkah, beristri dan lain-lain yang serupa dengan keadaan manusia. Lalu apa yang membuatnya jadi istimewa sebagai manusia ?  Beliau mendapat wahyu dari Allah Swt :

 

قل إنما أنا بشر مثلكم يوحى إلي أنما إلهكم إله واحد فمن كان يرجو لقاء ربه فليعمل عملا صالحا ولا يشرك بعبادة ربه أحدا

“Katakanlah: “Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa”. Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shaleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya”.   Q.S. Al-Kahf (18) : 110)

 

Dengan bimbingan wahyu itu, maka beliau terbentuk menjadi manusia yang sangat sempurna baik rupa  maupun akhlaknya. Tidak ada cela pada pribadi beliau. Pantas saja Allah Swt memerintahkan kepada seluruh manusia agar mencontoh beliau dalam seluruh aspek kehidupan.  Firman Allah Swt :

 

لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة لمن كان يرجو الله واليوم الآخر وذكر الله كثيرا

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”   (Q.S. Al-Ahzab (33): 21)

 

Hadirin-hadirat yang berbahagia.

Karena itu, jadikanlah beliau idola utama kita. Jangan yang lain. Contoh dan ikuti jejak langkah dan akhlaknya. Saya sampaikan ini sebab banyak ummat Islam sekarang yang berpindah ke lain hati dengan mengidolakan sosok-sosok yang sebetulnya tidak pantas dijadikan idola, misalnya mengidolakan artis. Kalau sekedar senaang mungkin boleh saja. Tapi kalau mengidolakan biasanya orang akan mengikuti apapun yang di lakukan idolakannya. Mulai dari cara bicara, perilaku sampai gaya busana.

Artis idolanya rambutnya diwarna-warni, ia mengikuti. Lha kalau artis mah uangnya banyak, jadi sering ke salon untuk merawat rambutnya yang diwarna-warni. Sehingga walaupun sering gonta-ganti warna ya karena dirawat rambutnya tetap sehat dan bisa jadi pantas. Lain dengan orang-orang yang sekedar mengikuti, ke salon ga pernah… beli sampo saja ngecer yang gope…seminggu sekali lagi..jadilah rambutnya jadi kaya bulu domda yang habis dikasih sepuhan….

Artis sekarang tubuhnya dilobang-lobangin eee pada ngikuti… betul ga ? orang sekarang kan aneh-aneh… Allah Swt  kan udah kasih banyak lobang ditubuh manusia… masih kurang juga. Lobang telinga sudah gede, dikasih lobang lagi di pinggirnya. Kalau perempuan mah boleh saja… itu pun kalau pake antingnya yang wajar dan pantas..lha kalau berat antingnya 2 ons, lama-lama telingaya jadi panjang..sekalian aja tuh kupingnya kasih gantungan gunting atau kunci. Itu kalau perempuan, kalau laki-laki mah kata guru-guru ngaji saya ga boleh… laki-laki ga boleh menyerupai perempuan..

Nah rupanya lobangnya itu masih kurang juga, hidung yang sudah ada lobangnya dibolongin lagi..untuk dipasasingin aksesoris. .. memangnya lobang hidung yang dua masih kurang gede..

Puser juga di lobangin buat dipasangin perhiasan… puser artis sih bisa jadi biar kata ga bener juga kelihatannya pantes.. lha ini udah pusernya bodong, item, perutnya panuan dilihat-lihatin lagi.. dilobangnya ditarohin biji salak.

Aneh- aneh ya orang zaman sekarang ini….dan yang aneh ini banyak yang nurutin.. karena yang aneh-aneh itu dijadikan idola. laki-laki sudah saru sama perempuan. Perempuan rambutnya pendek..dari belakang jadi kaya cowok. Cowok rambutnya panjang…jadi kaya cewek…kalau kurang teliti bisa salah panggil. Cowok di tanggil tante… cewek dipanggil om.

Dahulu yang memakai kalung itu perempuan saja. Gara-gara orang barat laki-lakinya pada pakai kalung.. orang indonesia pada nurutin juga… bedanya kalau orang-orang barat kalungnya  berupa perhiasan.. kalau orang kita kalungnya dari tulang ayam…buat beli kalungnya ga punya duit…obleng..obleng. apa kata dunia ?

Hadirin-hadirot yang berbahagia…

Itulah akibatnya jika kita memilih idola yang salah….maka dalam kesempatan muludan ini, saya mengingatkan bahwa idola utama kita adalah Rasulullah Muhammad saw. Kalau mau tambah lagi idolanya… ya jadikan para sahabat.. ulama… para pemimpin Islam sebagai idola dan panutan.Bila itu kita lakukan, pasti kita menjadi manusia yang beruntung.

 

Teman-teman yang saya banggakan…

Sudah pernah membaca buku sejarah kehidupan Rasulullah saw belum ? wah kok ada  yang belum membacanya… bagaimana mencontoh kehidupan beliau jika kita belum membacanya…sebab kalau ga baca ya ga tahu..

Sejarah kehidupan beliau adalah sejarah perjuangan. Tidak ada satu saat pun yang beliau lalui tanpa berisi perjuangan, dari mulai beliau memasuki kehidupan dunia sampai wafat.

Ketika beliau masih berada dalam kandungan ibundanya….siapa ya nama ibunda beliau ?  ha Aming…., bukan Aming, siapa ?  betul Siti Aminah pinter… hebat ini teman saya pintar-pintar… ayahandanya meninggal dunia…  o ya siapa ayahanda beliau  ?  betul.. Abdullah. .  Jadilah beliau waktu lahir ke dunia dalam keadaan yatim, tidak sempat mendapat belai kasih dari ayahandnya. Dan ketika beliau berusia 6 tahun, ibunda tercinta pun menyusul ayahandanya meninggal dunia… beliau dalam usia yang masih belia  sudah menjadi yatim piatu.. kalau sekarang mah belum juga masuk SD. Tentu ini cobaan hidup yang sangat berat. Teman-teman yang senasib dengan beliau yang masih kecil sudah yatim piatu tentu dapat merasakannya.

Beruntung beliau masih punya kakek dan paman yang kemudian mengasuhnya. Dan dari  kakek dan pamannya ini beliau mendapat gemblengan hidup yang kelak sangat bermanfaat bagi tugasnya sebagai Rasulullah.

Sejak kecil beliau  sudah dilatih bekerja dan bertanggungjawab. Beliau ditugaskan mengasuh   e  menggembala  domba. Jadi salah ngomong nih.. tugas itu bukan tugas ringan buat anak kecil… soalnya beliau menggembala di daerah padang pasir yang tidak banyak rumput dan banyak hewan buasnya.  kalau ngangonnya di Jonggol mah tidak masalah. Rumput banyak, binatang buas tidak ada, yang ada manusia  buas..nyaho manusia buas  ?  paling…pencuri

Mengingat waktu, seterusnya mengenai sejarah kehidupan rasulullah saw baca saja sendiri di buku atau tanyakan sama guru. Yang jelas, setelah tahu, jadikan kehidupan Rasulullah saw sebagai tauladan

 

 

Hari ini kita semua berkumpul dalam rangka memperingati hari kelahiran Rasulullah yang…ke …1437 M atau 1484 H. Tuh pada lupa lagi…  tentu ada maksud dan tujuan  yang ingin kita raih. Betul ?  Apa maksud  dan tujuan dari peringatan maulud ini  ?….  teman-teman ada yang tahu..? 

Peringatan maulud Nabi Muhammad saw bertujuan untuk :

Pertama , mengungkapkan rasa cinta pada Nabi Muhammad saw.  Semuanya cinta ga sama Nabi Muhammad?…. cintanya beneran ga…. buktinya apa… begini ya.. orang  yang mencitai sesuatu, akan  biasanya akan mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan sesuatu itu…Tahu siapa Nabi Muhammad saw.. tahu siapa ayahnya.. ibunya.. istri-istrinya… tahu anak-anaknya….tahu ajarannya ga ?…Alhamdulillah

Selain dari itu, kalau orang mencintai sesuatu, maka ia akan selalu rindu akan  yang dicintainya. Bahkan tidak jarang, saking rindunya tidak sedikit yang sampai menangis. Misalnya rindu ingin bertemu suami, istri, anak, cucu, pacar  dan lain-lain. Pokoknya kepikiran terus sama yang dicintai…. betul ga ? seperti kata Maia………..Apakah ini yang namanya cinta…

Hadirin-hadirot…

Pernah ga rindu  terhadap Nabi Muhammad saw ?  bagaimana rasanya ? sama ga dengan rindu ketemu pacar ? Pernah ga sampai nangis menahan rindu terhadap Nabi Muhammad saw ?…kalau belum, mungkin cinta kita  belum sepenuh hati.

Orang yang mencintai sesuatu, juga selalu berusaha memenuhi keinginan yang dicintainya. Pacar misalnya… apa pun keinginan pacar.. kekasinya tentu akan berusaha memenuhinya, pacarnya ingin baso… oke, ingin jalan-jalan ke mal.. ok, ingin  motor….nanti dulu lah…. Ada yang sudah punya pacar disini ? jangan dulu ya.. masih SD belum boleh punya pacar.. nanti 20 tahun setelah lulus SD baru boleh punya pacar..hehhe. 

Begitupun orang yang benar-benar mencintai Nabi Muhammad saw, pasti akan melaksanakan apa pun ajarkan  Nabi… iya  khan..? nabi ajarkan shalat… ya shalat, nabi ajarkan puasa… ya puasa… dan seterusnya. Itu baru yang namanya mencintai Nabi Muhammad saw.

Kedua, peringatan maulud Nabi Muhammad saw   bertujuan agar kita mengetahui sejarah hidup beliau sehingga kita dapat mengikuti jejak langkahnya. Sebab, seluruh langkah yang dilakukan Nabi saw, seluruh ucapan yang dilontarkan Nabi saw, pasti dibawah tuntunan wahyu… Firman Allah Swt :

وما ينطق عن الهوى  إن هو إلا وحي يوحى

“Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)”.  (Q.S. al-Najm  (53) : 3-4)

 

 Berikut  saya sampaikan sedikit penggalan perjalanan hidup beliau :

1. Pada suatu hari para sahabat mendapatkan Nabi saw sedang memperbaiki sandal anak yatim ; dan pada hari lain, sedang menjahit pakaian kumal milik nenek miskin. Dia juga kumpulkan sahabat-sahabatnya yag miskin yang tidak punya tempat tinggal dimasjid dan dia membagikan makanan untuk mereka.

 

Jamaa’ah yang dirahmati Allah Swt.

Apa yang dilakkan oleh Nabi kita adalah suri tauladan yang sangat baik dicontoh dan ditiru. Bayangkan, beliau yang waktu itu bukan saja Nabi dan Rasulullah, melainkan juga Kepala Negara begitu perhatiannya terhadap ummatnya yang lemah, rakyat miskin. Nabi sangat perhatian terhadap anak yatim. Sampai-sampai beliau mau memperbaiki sendiri sandal milik anak yatim..padahal kalau beliau mau, tinggal suruh sahabatnya saja… pasti para sahabat berebut melaksanakan perintahnya. Bapak ibu mau ikutin contoh Nabi yang ini… besar lho pahalanya… Nabi bersabda… Aku berdampingan dengan yang menanggung anak yatim nanti disurga… begini… (Nabi berisyarah dengan mengacungkan jari telujuk dan tengahnya)… Mau memperbaiki sandal anak yatim..?  jangan… ganti saja… beliin yang baru dong…!

Nabi saw menambal baju nenek miskin… kalau bapak-ibu jadi Presiden…wah presiden mah ketinggian.. jadi gubernur saja  deh.. mau ga menambal baju nenek miskin..?  mau.. yang bener nih… saya kurang yakin… mau?.. jangan ditambalin dong… belikan yang baru atuh… zaman Nabi kan belum banyak toko pakaian.. sekarangkan sudah banyak toko pakaian.

Nabi sangat memperhatikan ummatnya yang miskin.. mereka ditampung dan diberi makan sama dengan yang dimakan Nabi ! mau ngikuti contoh ini ?  Perhatikan sekeliling kita.. bila ada yang bisa kita bantu.. ya bantu. Bila ada yang bisa kita beri… ya beri…  semoga saja para pemimpin kita mulai dari yang paling bawah sampai Presiden mengikuti tauladan Rasulullah saw mau peduli sama orang-orang miskin….

2. Rasulullah saw sebagai manusia memerlukan makan dan minum. Beliau makan apa adanya. Dan tidak pernah memaksakan diri terhadap apa yang tidak ada. Jika tidak mendapatkan makanan beliau bersabar sehingga kadang-kadang beliau mengikatkan sebuah batu diperutnya. Pernah beberapa malam berturut-turut, beliau tudak makan apa-apa. Beliau tidak pernah dikenyangi oleh roti atau daging 2 kali sehari. Atau dikenyangi oleh roti 3 hari berturut-turut. Kebanyakan roti yang dimakan beliau adalah terbuat dari sya’ir atau gandum kasar. Dan kebanyakan makanannya adalah kurma dan air. Beliau tidak pernah makan roti halus yang tepungnya sudah diayak. Dan tidak juga makan diatas meja tetapi diatas hamparan dan adakalanya  hanya digeletakkan diatas tanah saja. Beliau tidak tidak pernah makan sambil bersandar.

Bapak-ibu yang dicintai Allah Swt.

Bayangkan Rasulullah saw,seorang pemimpin besar dunia hidup dengan sangat sederhana. Jauh dari kesan bermewah-mewah. Padahal para pemimpin lain hidup dengan bergelimang kemewahan. Sungguh… ini tauladan yang sangat mulia..

Rasulullah bukan tidak mampu hidup mewah… tetapi beliau tidak mau. Beliau bisa saja makan dengan makanan yang enak-enak. Tetapi beliau lebih memilih yang sederhana.

Coba kalau tauladan ini dilaksanakan oleh ummatnya… mulai dari rakyat jelata sampai para pemimpinnya.. pasti ummat Islam akan cepat berjaya.